Sabtu, 25 November 2017

9 Tips Membuat Rumah Mempesona dengan Anggaran Terjangkau

Setiap orang tentu membutuhkan tempat tinggal untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Mulai dari memasak, bersantai, hingga istirahat. Namun, banyak orang yang sering berpikir bahwa pembuatan rumah membutuhkan biaya yang banyak. Padahal, membuat rumah dengan anggaran yang terjangkau bukanlah hal yang mustahil. Kita tidak perlu khawatir akan desain rumah yang murah. Meskipun anggarannya terjangkau, desain suatu rumah juga tetap bisa menampilkan nilai estetis. Simaklah 9 tips berikut untuk membuat rumah terjangkau namun tetap mempesona.

Menghindari Elemen yang Tidak Diperlukan
Tips pertama untuk membuat rumah dengan anggaran terjangkau ialah menghindari elemen yang tidak diperlukan. Seringkali kita melihat fasad (bagian depan) rumah yang kompleks dengan berbagai tekstur. Bila ingin menghemat biaya, hindarilah hal tersebut. Fasad yang dibuat kompleks hanya menghasilkan pujian dari orang-orang sekitar kita. Padahal, kita lebih sering menikmati bagian dalam rumah dibandingkan dengan bagian luar.

Membuat Ruang Terbuka di Rumah
Kita dapat melakukan beberapa hal untuk mendapatkan perencanaan rumah yang sederhana. Pertama, cobalah untuk membuat ruang terbuka di dalam rumah. Ruang terbuka akan membuat kita membutuhkan dinding yang lebih sedikit. Selain itu, ruang terbuka juga akan membuat rumah lebih luas secara visual. Perencanaan rumah seperti ini membuat kita dapat memanfaatkan lahan di rumah secara efektif.

Detail yang Sederhana
Sebagai pemilik rumah, kita memperhitungkan detail rumah karena dapat memberikan daya tarik. Namun, detail yang kompleks tentu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Perlu diingat juga, detail yang tidak kompleks bukan berarti tidak menarik. Justru, tampilan sederhana seringkali menjadi pesona karena memberi kesan nyaman dan bersih.

Cerdas Memilih Bahan Material
Selain desain, pemilik rumah yang ingin menghemat biaya pembuatan rumah juga harus cerdas memilih material. Banyak orang yang membuang anggarannya dengan sia-sia untuk membeli bahan material. Mereka berpikir, semakin mahal bahan material, semakin bagus juga untuk digunakan. Padahal, selain kualitasnya, kita juga harus memperhitungkan perawatan bahan material tersebut. Misalnya seperti lantai kayu yang dapat diganti dengan lantai vinyl. Selain menyerupai kayu, vinyl juga termasuk bahan material yang mudah dirawat.

Membuat Rincian Biaya
Jika menginginkan hasil pembuatan rumah yang baik, tentukanlah hal-hal penting yang penting. Ruangan umum seperti dapur dan ruang tamu dapat kita buat sedikit mewah. Sementara itu, ruangan lain seperti kamar tidur dan kamar mandi dapat dibuat dengan sederhana. Jika ingin menghemat anggaran, kita tidak perlu membuat kamar mandi yang mewah. Cukup gunakan bahan material seperti keramik atau pelapis lantai linoleum yang ramah lingkungan.

Meniru Contoh Desain
Pembuatan desain rumah tentu membutuhkan anggaran yang cukup besar. Alih-alih menyewa jasa arsitek ataupun desiner, lebih baik kita menggunakan desain yang sudah ada. Dewasa ini, banyak model rumah beserta denahnya yang dapat kita gunakan pada rumah kita. Selain bangunan, kita juga dapat menggunakan contoh desain pada bagian interior rumah.

Membeli Kebutuhan Rumah Secara Online ataupun Di Tempat yang Memberikan Diskon
Kita tidak perlu membeli barang-barang yang mahal. Seiring berjalannya waktu, barang-barang yang mahal juga akan tergantikan oleh barang lainnya. Sementara itu, terdapat banyak toko online yang menjual barang-barang perlengkapan rumah. Kunjungi toko-toko online tersebut untuk menghitung jumlah anggaran yang kita butuhkan untuk membeli peralatan-peralatan rumah. Bandingkan juga harga di toko online yang satu dengan toko online lainnya. Jangan lupa untuk mengunjungi toko-toko yang sedang memberikan diskon untuk barang-barang kebutuhan kita.

Tidak Mengikuti Kehendak Orang Lain
Teman-teman kita mungkin menyarankan kita untuk membeli bahan material di tempatnya berbelanja. Namun, apabila merasa tidak cocok, kita tentu tidak harus mengikuti kehendaknya. Rumah yang kita buat berasal dari anggaran yang kita sediakan. Jadi, kita tidak perlu menghiraukan pendapat teman-teman apabila tidak sesuai dengan keinginan kita.

Membuat Garasi di Ruang Bawah Tanah
Membuat garasi di ruang bawah tanah dapat membuat rumah terasa lebih luas. Hal ini karena mobil yang biasanya diparkirkan di halaman depan kini ditempatkan di ruangan tertutup.

Sumber: https://thinkarchitect.wordpress.com/2011/08/12/10-tips-to-build-affordable/


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Sarahcoey.com
- Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger