Senin, 27 November 2017

Mengatasi Batuk Berdahak

Batuk merupakan salah satu kejadian alami yang dilakukan oleh tubuh untuk mengeluarkan zat yang ada dalam tubuh dan di dalam saluran nafas salah satunya adalah dahak. Untuk masalah batuk berdahak sebaiknya jangan ditahan atau ditekan supaya zat asing pada saluran nafas tersebut bisa bisa dikeluarkan dengan maksimal. Biasanya untuk mengatasi batuk jenis berdahak adalah dengan obat batuk berdahak yang tentunya berbeda dengan obat batuk biasanya untuk membantu mengeluarkan dahak secara maksimal sehingga nafas lebih lega seperti ekspektoran. Ada beberapa cara untuk mengatasi batuk berdahak salah satunya adalah dengan menggunakan obat batuk khusus untuk berdahak sehingga mampu untuk menekan terjadinya batuk yang lebih parah lagi. Dengan penanganan yang tepat tentu saja mampu meminimalisir terjadinya batuk yang lebih parah lagi.

Biasanya batuk berdahak berwarna putih, namun pada beberapa kejadian penyakit batuk berdahak biasanya berwarna kuning atau hijau. Jika lendir atau dahak yang keluar warna kuning itu merupakan salah satu gejala awal yang ringan dikarenakan tubuh mencoba untuk membersihkan. Lendir yang berwarna kuning juga terjadi akibat infeksi bakteri, infeksi pada saluran pernapasan bagian bawah, gangguan sinusitis, alergi terhadap dingin juga flu. Namun, perlu diperhatikan batuk merupakan salah satu gejala awal yang serius seperti penyakit TBC dan penyakit batuk berbahaya lainnya.

Ketahui beberapa hal yang bisa menyebabkan batuk berdahak seperti.
  1. Iritasi terhadap alergi debu, hewan peliharaan atau polusi udara.
  2. Alergi terhadap dingin. Keadaan ini merupakan salah satu pemicu terjadinya batuk berdahak yang sering kali menyiksa dan umumnya terjadi pada pagi hari. 
  3. Karena penyakit yang parah seperti pneumonia, asma, gagal jantung atau terjadinya suatu  pembekuan pada darah paru-paru. 
  4. Akibat kebiasaan buru seperti merokok.
  5. Bakteri atau virus dan infeksi pada paru-paru seperti batuk pada anak-anak dan bronkitis.
Cara yang baik untuk melakukan penanganan jika terjadi batuk berdahak adalah sebagai berikut.
  1. Minum air yang cukup dengan meminum air 8 gelas per hari.
  2. Menghirup uap air mendidih untuk membantu melonggarkan serta meregangkan lendir pada tenggorokan.
  3. Tidak merokok.
  4. Menghindari konsumsi yang bisa mengakibatkan produksi dahak semakin banyak seperti meminum susu dan lain sebagainya.
  5. Berkumur dengan air garam sebagai upaya untuk mengurangi batuk dan menenangkan pada saluran udara di tenggorokkan.
Beberapa cara tersebut bisa dilakukan secara rutin sampai batuk reda. Namun, untuk hal yang bisa dilakukan dengan instan dan bisa mengatasi batuk adalah dengan menggunakan obat batuk berdahak yang direkomendasikan sekarang banyak di toko-toko obat. Seperti di goapotik.com yang merupakan toko obat online terbaik dengan menyediakan berbagai keperluan obat baik untuk masalah penyakit ringan sampai penyakit yang serius berdasarkan hasil resep dokter.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Sarahcoey.com
- Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger